Bersangkutan dengan tugas yang diberikan oleh Bapak Hari Wibawanto mengenai awal mula menggunakan komputer.
"Kapan Anda mulai menggunakan komputer?"
Jawabannya saya mulai menggunakan komputer sejak saya pertama kali masuk SMP yakni pada bulan juni 2008. Saya pertama kali menggunakan komputer di lab komputer SMP saya, karena pada saat itu kelas saya mendapat tugas untuk membuat email, dan mengirimkan karangan bebas yang isinya mengenai materi soal-soal ujian SD.
Disitu saya merasa sangat awam dengan komputer, karena waktu itu adalah waktu dimana saya menggunakan komputer untuk pertama kali.
Sisitu saya minta ajar teman saya untuk mengajari saya bagaimana cara menyalakan komputer yang baik dan benar.
Pertama kali saya menekan tombol CPU, kemudian menekan tombol power pada monitor, dan monitorpun nyala.
Guru saya menyuruh saya untuk merefresh berulang-ulang terlebih dahulu, sebelum menggunakan komputer lebih lanjut.
Diditu saya mengikuti perintah guru saya.
"Komputer jenis apa, prosesornya apa?"
Jawabannya Jenis komputer jenis PC. Spesifikasinya adalah sebagai berikut :
- Prosesor intel pentium IV 1,8 GHz Socket 478
- Memory DDR 2 512 mb
- HDD 320 GB
"Program/Aplikasi apa yang pertama kali Anda pakai?"
Jawabannya Program/Aplikasi pertama kali yang saya pakai adalah Microsoft Office 2003.
Dalam Ms Office 2003, ada aplikasi Ms Word 2003, Ms Excel 2003, Ms Powerpoint 2003, dll.
Ms Word 2003 ini merupakan program yang menawarkan kertas kerja yang bisa dimuat dengan teks, grafik, tabel, gambar, dan lain sebagainya.
Beberapa toolbar penting dalam penggunaan Ms Word 2003 di antaranya sebagai berikut :
1. File
Ini dapat kita temukan pada pojok kiri atas dalam komputer atau laptop. File ini digunakan untuk membuka dokumen atau file yang telah kita kerjakan, mengubah ukuran kertas, mencetak lembar kerja yang sudah kita kerjakan, dan lain sebagainya.
2. Edit
Disebelah file terdapat toolbar edit, di sini kita dapat melihat beberapa fitur pilihan seperti copy, paste dimana ini biasa digunakan untuk memindahkan file atau bisa juga untuk menghapus file yang tidak kita inginkan dengan cut.
3. View
Dalam toolbar satu ini, kita bisa melihat lembar kerja kita secara terperinci. Hal ini dikarenakan adanya fitur yang bisa memperbesar tampilan lembar kerja kita.
4. Insert
Dalam toolbar satu ini banyak terdapat fitur-fitur yang bisa digunakan untuk menambahkan fitur yang kita butuhkan dalam lembar kerja kita, seperti gambar, grafik, tabel dan lain sebagainya.
5. Tools
Dalam fitur ini terdapat fitur untuk pengecekan dalam lembar kerja kita. pengecekan ini digunakan untuk pengecekan tata bahasa yang telah kita buat.
6. Format
Dalam toolbar ini, kita bisa menemukan format yang bisa mengatur penomoran, paragraf, simbol, dan lain sebagainya.
7. table
Menu ini digunakan untuk membuat tabel dalam lembar kerja kita sesuai yang kita inginkan.Tabel ini memungkinkan kita untuk mengatur jumlah kolom, atau baris dan mengatur besar kecilnya baris dan kolom yang kita perlukan.
Video cara mail merge surat menggunakan Ms Office Word 2003.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar